20% Anak-Anak Mengalami Obesitas

Minggu, 04 Maret 2018 - 11:39 WIB
20% Anak-Anak Mengalami Obesitas
20% Anak-Anak Mengalami Obesitas
A A A
JAKARTA - Jika diabetes dulu hanya dikenal sebagai penyakit keturunan dan banyak ditemukan pada usia 30 tahun ke atas, saat ini banyak anak-anak juga mengidap penyakit ini. Parahnya, jumlah diabetes pada anak-anak semakin meningkat. Penyakit ini semakin banyak ditemukan pada sekarang ini.

Hal ini terbukti melalui sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia, Dr. dr. Aman Bhakti Pulungan, SpA(K), FAAP. Dalam sebuah penelitian yang dilakukannya di desa kecil di Bali, ditemukan sebesar 20% anak-anak SD di sana mengalami obesitas.

"Ada anak kelas 5 SD yang beratnya 97 kilogram. Dalam 10—20 tahun lagi dia akan jadi pasien hipertensi, diabetes atau penyakit lainnya," kata Aman di Jakarta.

Karena itu kondisi ini menjadi perhatian serius. Menurut Aman, diperlukan kerja sama banyak pihak untuk menekan angka obesitas khususnya pada anak-anak. Dia pun memberi contoh dalam hal imunisasi di mana adanya kerja sama antara Kementerian Kesehatan dengan sektor lainnya.

"Didiklah remaja putri dan ibu-ibu. Memberdayakan wanita. Sebaiknya bugednya buat itu. Kalau tidak begitu, penyakit tidak menular akan terus meningkat. Jadi ini bukan cuma tugas Kementerian Kesehatan tapi juga Kementerian Pendidikan. Seluruhnya harus turun, kayak imunisasi bukan cuma Kementerian Kesehatan tapi juga semua," kata dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7089 seconds (0.1#10.140)